• Posted by : OurelliaSM Kamis, 14 April 2016


    Halloo semua :) apa kabar? kalian suka menulis karena hoby atau iseng-iseng aja nih :p entah itu karangan pendek,novel,atau apalah.. ehh itu bagus lohh buat bakat gapapa kan walaupun masih amatiran hehehe.. Aku mau kasih tau nih gimana caranya membuat novel bagi pemula:) Scroll sampe bawah kakk!




    SATU

    Menulis apa yang Anda ketahui. Menulis pengalaman pribadi Anda sendiri. Itulah bagaimana menulis sebuah novel yang baik. Tetapi jika Anda ingin menulis tentang sesuatu yang melampaui pengalaman Anda, maka Anda harus melakukan lebih banyak pekerjaan rumah.

    Sebenarnya tidak masalah bila Anda ingin menulis sebuah cerita yang luar pengalaman Anda, tetapi Anda perlu tahu dan mengerti cukup tentang masalah. Misalkan Anda ingin membuat sebuah novel dengan latar belakang asing, negara Turki misalnya, setidaknya Anda harus membaca hal-hal yang berkaitan tentang Turki. Apa makanan khas, bagaimana sejarah bangsanya, bahasa apa, bagaimana gaya hidupnya, bagaimana sopan santun yang umum digunakan. Pada dasarnya Anda harus penelitian kecil tentang Turki.

    Akan lebih baik atau Anda tidak sengaja datang ke sana untuk lebih menyebar ke lingkungan dan manusia.

    DUA

    Jangan menulis segala sesuatu yang Anda tahu. Menulis setiap karakter terlihat senyata mungkin. Untuk pembaca Anda tidak ingin membaca profil dari biografi lengkap masing-masing karakter. Menulis secukupnya, sesuai dengan tujuan dari cerita.

    TIGA

    Jangan hanya menyebutkan tapi membuat keributan. Misalkan Anda ingin menulis tentang rumah tangga bermasalah. Sang ibu tahu ayah telah berselingkuh dengan wanita lain. Ada pertengkaran antara suami dan istri. Membuat heboh.

    pembaca Anda ingin melihat dan mendengar argumen. Jangan hanya mainan. Tampilkan pembaca apa yang dikatakan istrinya. Dan apa yang dia menjawab. Lihat bahasa tubuh mereka. Tampilkan reaksi anak mereka yang menyaksikan pertengkaran. Tampilkan noda hitam di dinding setelah istrinya melemparkan secangkir kopi. Dan adegan lainnya.

    Ketika Anda membuat adegan hidup sebagai mungkin, maka Anda akan membuat pembaca Anda seolah-olah mereka sedang menonton opera sabun atau film. Dan itu baik karena pembaca akan menyenangkan novel Anda.

    EMPAT

    Tulis ringkasan novel Anda di satu paragraf. Jika Anda merasa kejanggalan dalam menulis ringkasan bahwa ide-ide Anda belum terfokus cukup. Dan Anda harus menambahkan kekurangan tersebut.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - OurelliaSM

    OurelliaSM - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan